Ayo Bangun Sumur Wakaf untuk Cegah Krisis Air di Penjuru Indonesia
Campaign Pilihan

Masih banyak wilayah kering di penjuru Indonesia karena sulitnya akses air dan kekurangan biaya menggali sumur. Mari bantu mereka dengan bangun sumur wakaf!

Simpan

Ayo Bangun Sumur Wakaf untuk Cegah Krisis Air di Penjuru Indonesia

Target

0 0

0%
0 165 hari tersisa

Ayo Bangun Sumur Wakaf untuk Cegah Krisis Air di Penjuru Indonesia

Update : 13 May, 2022


Sepanjang tahun, krisis air bersih masih menjadi permasalahan di berbagai wilayah tanah air. Problem ini kian parah terjadi kala musim kemarau tiba. Sumber air mengering di mana-mana. Akibatnya, ribuan keluarga kesulitan memenuhi kebutuhan paling vital dalam kehidupan ini.

Berdasarkan catatan BPBD, musim kemarau panjang 2019 ini telah menyebabkan kekeringan di 2.620 desa di 758 kecamatan yang tersebar pada 101 kabupaten/kota se-Indonesia. Hal ini diperparah dengan observasi tim Global Wakaf - ACT di lapangan bahwa masih banyak di antara desa-desa ini yang memiliki sistem pengairan kurang baik.

515731876547wngvh8o1dch0clnyil37jfavperwnyeml6fybb8.jpg

Desa Kadugadung, Kecamatan Cipeucang di Kabupaten Pandeglang, Banten menjadi salah satu desa yang mengalami krisis air bersih. Untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari seperti mencuci dan memasak, warga sangat bergantung pada sejumlah kali yang kondisi airnya keruh dan mulai kering.

Hal ini diperparah dengan ketiadaan fasilitas sanitasi yang memadai di beberapa rumah warga. Rofiudin, salah satu Ketua RT di Desa Kadugadung, mengamini perilaku warga yang masih banyak beraktivitas di kali. Rumah Rofiudin pun belum memiliki kamar mandi sendiri. Selama ini, ia serta sekitar tujuh rumah lain di wilayahnya mengandalkan kali sebagai sumber kebersihan.

Keterbatasan dana menjadi penyebab utama warga yang mayoritas bekerja sebagai buruh tani ini tak membangun fasilitas sanitasi. Padahal, kondisi air di kali yang mengaliri desa mereka tidak lagi layak digunakan.

51573187957lnva1auqwkcxerhi6jldn89fhsu4jm1nxgk6flcv.jpg

51574243205v1vyaiu2zycqxqr2tq9dgddclj7yshw6opswrldq.jpg


51574243633t8hecr2gyoghveo5gvxwckiicaw2txqavxvyokdt.jpg

Sahabat Dermawan, Desa Kadugadung ini hanyalah satu dari ribuan wilayah yang masih sangat menantikan segar dan jernihnya air di lingkungan mereka. Mari alirkan keberkahan bagi ribuan keluarga di pelosok nusantara dan jadilah bagian dari solusi, bangun Wakaf Sumur segera untuk saudara sebangsa!

Salurkan Wakaf terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Wakaf Sekarang'
2. Masukan nominal Wakaf
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Wakaf'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
#Perbaharui 23 Mar, 2022
Sahabat Dermawan, wakaf yang kamu tunaikan kini hadirkan Sumur Wakaf Keluarga di rumah Ibu Jenah yang beralamat di Kp. Buni RT. 010/006 Desa Buni Bakti, Kec. Babelan, Kab. Bekasi.
 
Ibu Jenah adalah seorang janda, beliau hanya tinggal seorang diri, pekerjaan beliau adalah seorang kuli cabut kangkung dan bayam. Biasanya di musim penghujan, beliau bekerja sebagai tukang tandur (menanam padi). Dan untuk kebutuhan air, beliau mengambil air di sumur tetangga untuk mandi, mencuci baju, dan piring. Untuk air minum, beliau membeli dengan harga Rp. 5.000.-/galon.

Alhamdulillah sejak adanya Sumur Wakaf Keluarga dari Global Wakaf – ACT, Ibu Jenah tidak merepotkan tetangga lagi. Air dapat mengalir dengan baik dan dapat dimanfaatkan untuk aktivitas sehari-hari. Mohon doa dan dukungannya ya Sahabat, semoga sumur wakaf ini dapat bermanfaat bagi keluarga Ibu Jenah dan masyarakat sekitar yang kesulitan dalam mendapatkan air bersih. Terima kasih pula kami ucapkan, semoga keberkahan mengalir dengan derasnya kepada Sahabat Dermawan hingga akhir kelak, aamiin ya robbal ‘alamin.





Tidak ada hasil ditemukan
Ayo ikut berkontribusi dengan menjadi fundraiser pada campaign ini.
Wakaf Sekarang